Listrik Gratis Prabayar Sudah Dibuka Dan Dapat Diklam Langsung Masyarakat - PORTAL BERITA INDONESIA

Home Top Ad

PBI.COM

Minggu, 05 April 2020

Listrik Gratis Prabayar Sudah Dibuka Dan Dapat Diklam Langsung Masyarakat

PBI.COM Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah secara resmi menerapkan program token listrik gratis, sebagai tindak lanjut dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menangani dampak Covid-19. Dalam hal ini, PLN telah mengeluarkan mekanisme atau cara pengambilan bagi pelanggan listrik prabayar yang dapat dilakukan masyarakat.

Dikutip dari akun Instagram resmi PLN, pembebasan biaya listrik bagi pelanggan prabayar dengan daya 450 VA bisa didapatkan dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui website www.pln.co.id, atau juga bisa dengan mengirimkan chat pada nomor WhatsApp resmi PLN yaitu 08122-123-123. Cara tersebut juga diterapkan pada pelanggan listrik prabayar dengan daya 900 VA bersubsidi.

Dengan mekanisme tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk pelanggan prabayar 450 VA. Sedangkan pada pelanggan prabayar 900 VA bersubsidi, akan mendapatkan potongan sebesar 50% yang dihitung dari pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dilansir dari akun Instagram resmi PLN, berikut cara pengambilan token listrik gratis dan potongan 50% yang bisa Anda lakukan.

Cara Pengambilan Listrik Gratis dan Potongan Listrik Melalui Website:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Cara Pengambilan Listrik Gratis dan Potongan Listrik Melalui WhatsApp:
1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Pelanggan Pascabayar

Mekanisme penerapan stimulus listrik pada pelanggan pascabayar dengan daya 450 VA, akan secara langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara bagi pelanggan pascabayar dengan 900 VA bersubsidi, rekening tagihan listrik akan dikurangi 50% pada pembayaran tiap bulannya. Dalam hal ini pelanggan akan mendapatkan hitungan berdasarkan pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Pendataan Pelanggan Segera Selesai!


Terdapat sebanyak 24 juta data pelanggan rumah tangga dengan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang masuk dalam program stimulus listrik dampak Covid-19 ini. Pendataan pelanggan ini akan dirampungkan dalam sepekan ke depan, sehingga pelanggan yang terdampak langsung dapat segera mendapatkan manfaatnya.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," jelas Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka melalui siaran pers di Jakarta.

Dalam hal ini, PLN siap mendukung kebijakan Presiden Jokowi untuk meringankan masyarakat kurang mampu yang terdampak langsung wabah Covid-19. "Ini bukti PLN bersama pemerintah siap hadir di setiap kondisi" tandasnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar