Nadiem Makarim Ubah Aturan Kampus S1 Cuma Wajib Kuliah 5 Semester - PORTAL BERITA INDONESIA

Home Top Ad

PBI.COM

Rabu, 29 Januari 2020

Nadiem Makarim Ubah Aturan Kampus S1 Cuma Wajib Kuliah 5 Semester

PBI.COM Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bakal merombak sejumlah kebijakan di universitas. Salah satunya mengurangi kewajiban sistem kredit semester (SKS) untuk mahasiswa strata satu (S1).

Ketentuan itu nantinya tertuang dalam paket kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang diumumkan hari Jumat (24/1/2020) kemarin.

Dalam paparan pokok-pokok kebijakan tersebut, Nadiem menjelaskan bahwa Kemendikbud bakal mengubah pengertian SKS dari jam belajar menjadi jam kegiatan.

Dengan demikian, kata Nadiem, "SKS yang wajib diambil di prodi asal adalah sebanyak 5 semester dari total delapan semester."

Sisanya, Perguruan Tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela kepada mahasiswa mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 semester (setara 40 SKS).

Di samping itu, mahasiswa boleh mengambil SKS di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semester (setara dengan 20 SKS).

Selama ini, menurut Nadiem, bobot SKS untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sangat kecil dan tidak adil bagi mahasiswa yang sudah mengorbankan banyak waktu.

Al hasil, pertukaran pelajar atau praktik kerja di banyak justru menunda kelulusan mahasiswa.

Bobot SKS untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sangat kecil dan tidak adil bagi mahasiswa yang sudah mengorbankan banyak waktu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar