Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Berdedikasi Dalam Ekonomi Agar Tidak Diinjak Negara Lain - PORTAL BERITA INDONESIA

Home Top Ad

PBI.COM

Minggu, 12 Januari 2020

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Berdedikasi Dalam Ekonomi Agar Tidak Diinjak Negara Lain

PBI.COM Jakarta -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai perkembangan ekonomi Indonesia di Rakernas dan HUT ke-47 PDIP. Jokowi mengatakan Indonesia tidak akan lagi menjadi negara yang mengekspor bahan mentah.

"Memang mungkin di depan dalam kita memulai memang berat dan sangat sulit. Tapi, kalau negara tidak memiliki strategi ekonomi, strategi bisnis besar, dalam rangka merancang sebuah pembangunan jangka panjang, kita akan menjadi eksportir bahan mentah," kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Jokowi, Indonesia secara bertahap akan menghentikan ekspor bahan mentah. Jokowi mengatakan bahan mentah itu akan diolah di dalam negeri sehingga bermanfaat banyak bagi masyarakat Indonesia.

"Ingat, minyak kelapa itu bisa dijadikan avtur, ini sudah hampir ketemu. Kalau ini ketemu lagi, artinya sudah semua pesawat akan kita ganti dengan minyak dari kelapa yang dihasilkan oleh rakyat kita Indonesia," ujar dia.

Jokowi lantas menyitir ajaran Trisakti Bung Karno. Jokowi ingin Indonesia tak lagi ditekan-tekan negara lain.

"Saya tidak ingin berpanjang-lebar. Intinya seperti yang dikatakan Bung Karno dalam Trisakti, kita harus berdikari di bidang ekonomi sehingga kita tidak mudah ditekan-tekan lagi oleh siapa pun, oleh negara mana pun, dan kita juga akan mandiri secara politik berdaulat dalam politik karena kita memiliki semuanya yang kita olah kita kerjakan sendiri. Itulah yang diajarkan Bung Karno, Trisakti. Berdaulat dalam bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar